Mengenal Gejala Flu Singapura dan Upaya Pencegahannya

ringtimesbali.pikiran-rakyat.com

Belum selesai virus Covid-19, kini muncul lagi penyakit menular Flu Singapura. Gejala Flu Singapura ini perlu diwaspadai secara cermat terlebih lagi sampai saat ini masih banyak masyarakat khususnya yang ada di Indonesia yang belum mengenal tentang penyakit ini.

Flu yang juga dikenal dengan sebutan penyakit tangan, mulut dan kaki atau dalam istilah medis dikenal juga dengan virus HMFD ini diketahui memiliki gejala yang jenisnya sama dengan penyakit demam biasa namun dapat memberikan efek komplikasi penyakit meningitis atau radang selaput otak serta esefalitis yang jika tidak cepat mendapatkan penanganannya akan membahayakan bagi si penderita penyakit dengan gejala Flu Singapura yang belakangan mulai merebak.

Mengenal Penyebab Penyakit Flu Singapura

Sebagai penyakit yang baru terindikasi masuk ke berbagai wilayah di Asia. Masyarakat Indonesia dihimbau untuk mencegah sekaligus mengetahui jenis penyakit maupun gejala yang muncul pada penderita atau suspect Flu Singapura ini. 

Tujuannya agar masyarakat bisa bersikap waspada dan cepat mengidentifikasi jika ditemukan kasus dengan gejala yang mengarah pada penyakit Flu Singapura.

Flu Singapura diketahui disebabkan oleh penyebaran enterovirus A serta enterovirus 71 yang umumnya akan menyerang bagian dalam jaringan mulut serta amandel setelah itu masuk ke dalam sistem pencernaan.

Ketika berada dalam sistem pencernaan tubuh manusia inilah virus kemudian menyebar melalui jaringan aliran darah yang kemudian akan mengalami proses inkubasi yang berlangsung selama sekitar satu minggu, pada fase ini si penderita umumnya belum akan menunjukkan gejala.

Sedangkan jalan masuk dari virus penyebab Flu Singapura ini umumnya melalui empat cara yakni; 
  • Melalui cairan baik dari hidung maupun tenggorokan yang keluar pada saat bersin
  • Melalui air liur yang keluar ketika seseorang sedang batuk
  • Melalui cairan yang keluar dari luka yang melepuh
  • Serta, permukaan benda maupun alat yang sudah terkontaminasi oleh virus ini.

Gejala Flu Singapura

Ketika masa inkubasi virus di dalam tubuh sudah selesai, orang maupun anak-anak yang telah terinfeksi virus Flu Singapura ini akan mulai menunjukkan gejala baik dari dalam tubuh maupun gejala yang muncul di permukaan kulit tubuh seperti berikut ini;

Gejala Flu Singapura di Dalam Tubuh

Gejala yang muncul sebagai efek dari serangan virus penyebab flu singapura di dalam tubuh ditandai dengan beberapa gejala berikut:
  • Mengalami demam yang tinggi
  • Menderita sakit tenggorokan
  • Menurunnya nafsu makan
  • Mengalami sakit perut yang hebat
  • Kerap mengalami batuk dan muntah

Gejala Diluar Tubuh

Sedangkan gejala yang muncul diluar tubuh yang bisa dilihat secara kasat mata pada penyakit flu singapura ditandai dengan gejala berikut:
  • Munculnya luka seperti melepuh dan berwarna merah pada permukaan gusi, rongga mulut maupun pada bagian lidah. Pada anak, gejala yang muncul seperti luka ini yang membuat mereka mengalami hilang nafsu makan karena sakit saat mengunyah dan menelan makanan.
  • Timbulnya ruam merah di seluruh permukaan tubuh. Dan, yang paling mudah dikenali adalah kemunculan ruam merah pada bagian permukaan mulut bagian luar.
  • Gejala lain pada anak dan balita akan membuat mereka menjadi susah tidur karena merasa tidak nyaman.

Upaya Pencegahan Flu Singapura

Meskipun sejauh ini belum ditemukan adanya indikasi flu singapura masuk ke Indonesia, namun masyarakat dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan melalui upaya pencegahan masuknya virus flu singapura khususnya pada anak-anak, tindakan pencegahan penyebaran virus penyebab flu singapura itu diantaranya adalah:

  • Selalu Mencuci Tangan

Sama halnya dengan virus lain, virus flu singapura juga sangat mudah menginfeksi pada orang-orang yang lalai akan kebersihan khususnya mencuci tangan. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu rutin mencuci tangan dengan sabun antiseptik baik sebelum maupun sesudah menjalankan aktivitas khususnya pada anak-anak.

  • Meminimalisir Kontak Fisik

Upaya lainnya adalah meminimalisir kontak fisik terlebih kepada orang yang menderita flu singapura, karena resiko terinfeksi bagi orang yang berinteraksi dengan penderita, resikonya jauh lebih besar.

  • Rutin Membersihkan Peralatan 

Rutin membersihkan peralatan yang rentan akan kontaminasi virus flu singapura seperti sendok, gelas maupun peralatan lain juga tak kalah pentingnya mengingat virus bisa ada dimana saja. Upayakan untuk selalu membersihkan peralatan baik perlengkapan makan maupun perlengkapan sehari-hari dengan disinfektan.

Meskipun virus flu singapura belum ditemukan di Indonesia, tak ada salahnya untuk selalu mengantisipasi dan mewaspadai kemungkinan gejala flu singapura khususnya pada anak-anak yang rentan terinfeksi virus ini.

Posting Komentar

0 Komentar