4 Tahapan Dalam Cara Kumur Air Garam Sakit Gigi Agar Berhasil!


Pasti banyak diantara anda yang sudah mendengar bahwa air garam bisa mengatasi sakit gigi. Sejatinya hal tersebut bukan isapan jempol mengingat khasiat dari air garam yang dapat sedikit meminimalisir rasa sakit. Kendati demikian, cara tersebut hanya berlaku sementara. Lantas bagaimana cara kumur air garam sakit gigi? Simak selengkapnya sebagai berikut!

Cara Kumur Air Garam Untuk Redakan Sakit Gigi

1. Melarutkan Garam Dalam Air

Jika ingin menggunakan garam untuk berkumur kumur, maka anda perlu mengubahnya menjadi larutan terlebih dahulu. Campurkan garam sebanyak I sendok teh ke dalam setengah cangkir air hangat. Gunakan garam murni yang tidak mengandung MSG. Keberadaan penyedap malah akan membuat reaksi penggunaan larutan garam kurang maksimal.

Tipe garam yang bisa anda pakai adalah garam dapur yang biasa digunakan untuk memasak. Jika tidak ada, anda boleh menggunakan garam balok namun memecahnya terlebih dahulu agar menjadi bubuk. Langkah ini penting agar anda bisa mendapat jumlah garam yang sesuai dengan takaran dan membuat mereka lebih mudah larut di dalam air. 

2. Berkumur Selama 30 Detik

Cara kumur air garam sakit gigi yang berikutnya adalah dengan menggunakan larutan yang telah dibuat untuk berkumur kumur. Adapun rekomendasi durasi waktu untuk berkumur kumur adalah sekitar 15 sampai 30 detik. Usahakan jika larutan garam yang ada di dalam mulut sudah mengenai seluruh bagian mulai dari gigi, gusi, lidah, dan mulut bagian dalam.  

Berikan jeda dan kumur kumur kembali selama 30 detik agar proses pembersihan rongga mulut berjalan dengan lebih baik. Harapannya larutan tersebut dapat mengangkat kotoran, mencegah plak, dan membunuh bakteri secara efektif. Lakukan pengulangan setiap jam agar rasa sakit yang anda rasakan bisa berkurang secara drastis. Tentu perlu kesabaran hingga akhirnya larutan membuahkan hasil. 

3. Selesaikan Permasalah Penyebab Sakit Gigi

Meskipun rasa sakit sudah mulai berkurang, bukan berarti anda bisa mengabaikan penyebabnya. Beberapa kondisi yang bisa memicu sakit gigi adalah kerusakan enamel, gigi berlubang, peradangan gusi, abses gigi, dan pertumbuhan gigi geraham bungsu. Cara kumur air garam sakit gigi belum bisa mengatasi masalah hingga akarnya sehingga anda perlu mengambil langkah yang lebih tepat. 

Perlu anda ingat bahwa penggunaan larutan garam hanya bersifat sementara. Larutan tersebut bisa membasmi bakteri dan memberikan efek anti peradangan. Kendati demikian, anda perlu mencari cara lain jika rasa sakitnya terus kembali dan semakin parah. Penanganan yang terlambat bisa membuat kondisi kesehatan mulut semakin buruk. 

4. Rawat Gigi Dengan Baik

Ketika penggunaan larutan garam sudah selesai dilakukan, anda perlu membersihkan gigi dengan menggunakan pasta gigi yang baik. Salah satu brand yang paling terkenal dalam lingkup pasta gigi adalah pepsodent. salah satu produknya yaitu pepsodent expert protection gentle white mengandung microgranules dan zinc citrate yang bisa melindungi dan membersihkan gigi.

Tidak ada salahnya juga jika anda menggunakan bantuan mouthwash untuk memberikan perlindungan ekstra bagi rongga mulut dari serangan bakteri. Tipe mouthwash pun beragam, sehingga anda bisa memilih cairan yang sesuai dengan kebutuhan. Harapannya keberadaan mouthwash ini akan meningkatkan efektifitas cara kumur air garam sakit gigi.

Cara yang telah dijelaskan tadi hendaknya anda diterapkan dengan baik agar rasa nyeri di bagian gigi bisa segera teratasi. Sejatinya sakit gigi bisa ditandai dengan beberapa kondisi, salah satunya adalah bau mulut yang membandel. Ada kalanya rasa sakit gigi uga didahului dengan pembengkakan gusi. Seharusnya dengan adanya pertanda ini, anda bisa mengantisipasinya dengan baik. 

Posting Komentar

0 Komentar