Berbagi Informasi Menarik | 2020

Minggu, 23 Agustus 2020

6 Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

6 Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Pada zaman sekarang ini, kesadaran untuk memproteksi berbagai risiko finansial dan kesehatan. Membeli asuransi bisa menjadi solusi untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap keluarga tercinta. Namun, tidak sedikit orang yang masih bingung dan tidak tahu cara memilih asuransi yang paling tepat. Berikut terdapat beberapa cara memilih asuransi kesehatan yang dapat anda ikuti. Simak ulasan lengkapnya.

Memilih Asuransi Dengan Mudah

1. Mengetahui Kebutuhan

Langkah pertama yang wajib anda lakukan adalah mengetahui kebutuhan dan riwayat penyakit keluarga. Apakah terdapat anggota keluarga yang kemungkinan membutuhkan manfaat lengkap, seperti rawat inap, rawat jalan, dan sebagainya. Dengan mengetahui hal tersebut secara spesifik, anda dapat memilih asuransi dengan jangkauan Polis yang sesuai. Anda pun dapat mengehemat kebutuhan terhadap fasilitas kesehatan yang tidak terlalu dibutuhkan.

2. Periksa Kondisi Finansial

Agar dapat mendapatkan proteksi yang memadai, anda bisa mulai menyiapkan alokasi dana sekitar 10 persen dari pendapatan rutin untuk anggaran premi. Anda harus memastikan keuangan anda memungkinan untuk hal tersebut. Umumnya, dalam kondisi keuangan yang normal, prioritas finansial yang perlu diutamakan adalah dana darurat serta asuransi. Jadi, menyisihkan anggaran untuk menutup kebutuhan asuransi kesehatan seharusnya bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.

3. Lihat Kapasitas

Kebanyakan perusahaan saat ini sebatas memberikan tunjangan kesehatan dasar berbentuk BPJS Kesehatan. Beberapa yang lainnya juga menyediakan tunjangan tambahan, baik dengan sistem plafon atau asuransi swasta bersistem cashless. Di sini anda perlu meneliti kembali apakah tunjangan kesehatan yang diberikan oleh kantor tersebut telah memenuhi kebutuhan atau belum. Hal ini akan menentukan kapasitas asuransi untuk keluarga yang akan anda pilih

4. Pilih Jenis Asuransi yang Mudah Digunakan

Cara memilih asuransi terbaik selanjutnya yaitu memilih jenis yang mudah untuk digunakan. Sebaiknya anda memilih jenis asuransi yang memiliki klaim cashless atau tanpa mengeluarkan uang saat asuransi tersebut digunakan. Sehingga anda hanya perlu menggunakan kartu asuransi saat membayar biaya pengobatan. Hal ini lebih praktis jika dibandingkan dengan sistem reimbursement, dimana anda harus mengeluarkan uang terlebih dahulu.

5. Cek Rumah Sakit yang Bekerja Sama dengan Perusahaan Asuransi

Setiap perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan pasti bekerja sama dengan rumah sakit. Dan jumlah dari rekanan rumah sakit tersebut tentu berbeda pada perusahaan asuransi satu dengan yang lainnya. Pastikan anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki rekan rumah sakit yang berlokasi dekat dengan rumah anda. Hal ini nantinya dapat memudahkan anda ketika akan menggunakan fasilitas kesehatan.

Namun, ada baiknya juga apabila anda memilih perusahaan asuransi yang juga bekerja sama dengan banyak rumah sakit di luar kota. Agar ketika anda melakukan perjalanan bisnis, dan ternyata membutuhkan fasilitas kesehatan. Maka anda dapat menggunakan asuransi tersebut, tanpa perlu kembali terlebih dahulu ke daerah asal anda. Dan anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya dadakan saat di luar kota.

6. Beli Asuransi Online

Terakhir, agar lebih praktis, kini anda dapat melakukan pembelian asuransi kesehatan secara online. Di zaman yang semakin modern ini, kini banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan pembayaran secara online. Sehingga anda bisa mengurusnya secara daring tanpa perlu menyisihkan waktu khusus untuk bertemu dengan agen asuransi. Bahkan, cukup dengan gadget di tangan memungkinkan anda untuk mengurus pembelian polis sejak langkah pertama. 

Dengan melengkapi kebutuhan kesehatan, anda pun bisa lebih tenang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tanpa perlu khawatir terhadap dana pengeluaran tiba-tiba akibat kondisi tubuh. Namun alangkah baiknya apabila anda tetap menyisihkan uang untuk menabung serta berinvestasi, dan tidak hanya mengandalkan asuransi saja. Untuk informasi lebih lengkap mengenai asuransi, anda dapat mengunjungi website brandydaisy.com.


0 komentar:

Posting Komentar