Berbagi Informasi Menarik | 2020

Jumat, 29 Mei 2020

Mengenal Jenis-Jenis Genset yang Ada di Pasaran

Genset Mini

Mati listrik memang hal yang paling menyebalkan. Apalagi jika mati listrik ketika kita sedang membutuhkan alat elektronik. Sayangnya, kita tidak bisa mencegah mati listrik. Solusinya, Anda bisa menyiapkan perangkat genset agar  rumah Anda tetap bisa teraliri listrik. Tidak perlu yang besar, Anda bisa membeli genset mini. Harga genset mini juga relatif murah dibandingkan genset yang ukurannya besar namun dengan kemampuan yang sama baiknya.

Genset di pasaran banyak sekali jenisnya. Biasanya dibedakan berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakan dan ukurannya. Untuk ukuran, ada genset mini dan genset ukuran biasa hingga genset ukuran besar.

Genset berdasarkan bahan bakar yang digunakan

Sedangkan menurut bahan bakar yang digunakan, genset bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. Genset gas

Genset gas merupakan jenis genset yang menggunakan bahan bakar gas. Bahan bakar gas yang dipakai adalah gas LPG (Liquid Petroleum Gas) yang sering digunakan untuk bahan bakar memasak. Atau bisa juga menggunakan gas CNG (Compressed Natural Gas).

Untuk pemakaian rumah tangga, Anda bisa memilih genset jenis ini. Namun Anda juga harus bersiap ketika gas LPG mengalami kelangkaan di pasaran dan Anda tidak bisa menghidupkan genset saat dibutuhkan.

2. Genset diesel

Genset diesel merupakan jenis genset yang menggunakan bahan bakar solar. Genset ini termasuk jenis genset yang mudah dioperasikan sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai genset rumah tangga hingga perkantoran.

Kapasitas watt yang dihasilkan oleh genset diesel juga tergolong tinggi, yaitu mulai 5.000 watt sampai dengan 2 juta watt. Dengan kapasitasnya yang besar, Anda tidak perlu khawatir genset ini tidak bisa memenuhi kebutuhan listrik di rumah Anda. Sayangnya, harga genset ini tergolong  mahal.

3. Genset bensin

Genset bensin merupakan jenis genset yang menggunakan bahan bakar bensin. Harga genset ini tergolong murah, semurah harga genset mini. Tidak heran jika genset jenis ini banyak diminati dan banyak dipilih dibandingkan jenis genset lainnya.

Genset bensin mampu menghasilkan listrik dengan kapasitas hingga 10.000 watt. Dengan kapasitas tersebut, genset jenis ini lebih cocok digunakan di rumah-rumah yang tidak membutuhkan daya listrik terlalu besar.

4. Genset portable

Genset portable merupakan jenis genset yang mudah dibawa kemanapun. Biasanya, genset jenis ini memiliki ukuran yang mini sehingga mudah dibawa dan tidak memakan tempat. Meskipun ukurannya mini, genset ini tetap memiliki kemampuan untuk menyalakan listrik. 

Harga genset kecil ini sangat terjangkau. Anda bisa menggunakan genset portable ketika sedang berkemah. Atau bisa juga digunakan di rumah dengan daya listrik yang rendah.

5. Genset turbin

Genset turbin merupakan jenis genset dengan kapasitas daya paling besar. Kapasitas genset ini mencapai 2 juta watt. Sesuai dengan namanya, genset ini menggunakan turbin untuk menghasilkan daya. Turbin ini bisa digerakkan dengan tenaga air, uap, atau udara sehingga menghasilkan putaran yang akan diubah menjadi energi listrik.

Genset ini tidak cocok digunakan untuk rumah tangga mengingat ukurannya yang relatif besar. Lebih cocok digunakan oleh sebuah perusahaan besar atau pabrik. Beberapa genset turbin yang digabungkan bisa digunakan untuk menghidupkan sebuah kota kecil.

Itulah 5 jenis genset yang ada di pasaran. Anda sebaiknya memilih genset yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian. Harga genset mini memang murah. Namun jika pemakaian listrik di rumah Anda tinggi, sebaiknya Anda memilih genset dengan kapasitas yang sesuai. Kemudian baru pertimbangkan soal harga. Untuk Anda yang ingin membeli genset dan butuh banyak referensi jenis genset, Anda bisa mengunjungi laman berikut www.sentramesin.com

0 komentar:

Posting Komentar